Kamis, 15 November 2018

Depok dengan berbagai keunikannya?

Depok



Depok adalah sebuah kota di provinsi Jawa Barat, disebelah selatan Kota Jakarta, pada tanggal 20 April 1999 kota Depok ditetapkan menjadi kota sebelumnya kota madya.Sejarah nama Depok tidak terlepas dari sejarah penjajahan bangsa Belanda terhadap Indonesia. Berdasarkan dokumen Bataviaasch Nieuwsblad (1929), seorang pejabat VOC yang bernama Cornelis Chastelein telah membeli lahan di Mampang dan Depok lama yang dipergunakan untuk perkebunan.



Dengan Luas kota 200.29 km2, Kota ini memiliki 11 kecamatan dan mempunyai berbagai keunikan atau ikon kota Depok yaitu,

Hasil gambar untuk belimbing dewa
Hasil gambar untuk gong si bolong depok


1. Belimbing Dewa, Buah yang mempunyai warna keemasaan ini kaya dengan vitamin C dan A yang tinggi, khasiatnya dapat dipercaya sebagai obat herbal penurun darah tinggi/hipertensi, kencing manis, nyeri lambung.






2.Gong si Bolong

Adalah salah satu kelompok kesenian dari kota Depok yang melegenda dari masyarakat kota Depok. Pada tahun 1648 ada sekolompok kesenian asal betawi-sunda membentuk kelompok kesenian.
Melihat Indahnya Masjid Kubah Emas di Depok



3. Masjid Dian Al-Mahri
Masjid Dian Al-Mahri atau sering disebut Masjid Kubah emas ini, di bangun pada April 1999 dan diresmikan pada 31 Desember 2016. Masjid ini dibagun dengan gaya arsitektur timur tengah, dengan luas bangunan 8000 m2 dan luas totalnya 7 hektare. Masjid ini mempunyai 5 kubah yang semuanya dilapiskan dengan emas 22 karat.



kesimpulannya kebudayaan Depok masih ada pengaruh dari budaya betawi jakarta dan sunda, kota yang sebagai daerah pinggir ibukota pasti akan banyak orang luar yang menetap di kota ini sebab kota yang nyaman untuk bertransmigari atau menetap untuk mencari nafkah di Ibukota Jakarta. dan Depok itu memiliki arti lain yaitu kampung halaman dimana orang luar daerah saat berkunjung di kota ini pasti akan terasa seperti kampung halamannya sendiri, dimana tempat untuk pulang dan dimana tempat berlindung yaitu Depok jawabannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar