Kamis, 15 November 2018

Perkembangan Teknologi saat ini?

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI SAAT INI


IPTEK adalah singkatan dari 'ilmu pengetahuan dan teknologi, yaitu suatu sumber informasi yang dapat meningkatkan pengetahuan ataupun wawasan seseorang dibidang teknologi.
Perkembangan ilmu teknologi pada saat ini sangat berkembang pesat dari sebelumnya karena manusia tidak bisa lepas dari bantuan teknologi sekali pun. 

Ilustrasi 5G Jaringan Internet merupakan salah satu teknologi yang terus berkembang sampai saat ini, internet adalah seluruh jaringan komunikasi yang menggunakan media elektronik, yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) . Dengan internet kita bisa berkomunikasi dengan keluarga yang jauh tanpa bantuan perantara(kabel) dan memudahkan kita dalam menggali informasi lebih banyak di luar sana tanpa batasan waktu dan kondisi. 

Saat ini jaringan internet yang kita pakai adalah jaringan 4G yaitu 'four generation' atau standar keempat dari teknologi seluler.Terdapat dua standar dunia yang dipakai yaitu WIMAX(Korea Selatan) dan LTE/Long Term Evolution(Swedia). Sistem 4G menyediakan solusi IP yang komprehensif di mana suara, data, dan arus multimedia dapat sampai kepada pengguna kapan saja dan di mana saja, pada rata-rata data lebih tinggi dari generasi sebelumnya dan dengan kecepatan 100mb/s dan 1Gb/s baik dalam ruangan maupun luar dengan tinggkat keamaan yang tinggi dan kualitas premiumnya.


-Indonesia pada tahun 2018, generasi ke 5 sedang dilakukan riset atau penelitian tentang jaringan up to 5G dengan kecepatan 300mb/s atau 1 Gb/s dapat mendownload data 1 Gb dalam 28 detik dan jaringan lebih stabil dengan frekuensi yang lebih besar dari sebelumnya dan pada 2019 riset ini akan rampung dan dapat digunankan secara komersil pada tahun 2020 sedangkan di Amerika dengan nama operator Verizon sudah mampu menggunakan 5G pada tahun ini.


Dampak positif dari teknologi itu adalah memudahkan hidup manusia dalam pekerjaan yang membutuhkan bantuan teknologi, memudahkan manusia dalam berkomunikasi dengan keluarga dari jarak jauh.
Dampak negatifnya adalah banyak kecurangan dari sekelompok pihak dari bantuan teknologi untuk kepentingan diri sendiri dan beberapa kelompok, penyalahgunaan teknologi pada anak di bawah umur dengan membuka situs yang mengandung unsur yang tidak pantas dengan umurnya, dan penyebaran infomasi palsu yang merugikan pihak lain dengan atas namakan pihaknya.

Kesimpulanya Internet atau teknnologi dapat menggendalikan kehidupan dunia manusia tetapi kita sebagai manusia yang bijak harus menggunakan teknologi dengan bijak agar kita dapat menggunakan ilmu Iptek ini dengan sebaik-baiknya dan tidak akan terus dipermainkan oleh teknologi sampai lupa akan kehidupan duniawi sebenarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar